You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.

Sistem Informasi Desa Sei Batang Ilir

Kec. Martapura Barat, Kab. Banjar, Prov. Kalimantan Selatan

AKSI PERENCANAAN PERCEPATAN PENCEGAHAN STUNTING DI KECAMATAN MARTAPURA BARAT


AKSI PERENCANAAN PERCEPATAN PENCEGAHAN STUNTING DI KECAMATAN MARTAPURA BARAT

Dalam rangka penyusunan Rencana Kerja (RKP) pemerintahan desa tahun 2023, sebagai upaya pencegahan dan penanganan stunting pada tahun 2023, maka dilaksankaan rembuk stunting di 2 desa yaitu Desa Sungai Batang Ilir dan Desa Keliling Benteng Tengah.
Pelaksanaan Rembuk Stunting dipimpin oleh Ketua BPD masing-masing desa. Berdasarkan keputusan Bupati Banjar Nomor 188.45/203/KUM/2022 tentang penetapan desa Lokasi Fokus (Lokus) intervensi percepatan penurunan stunting tahun 2023 untuk Kecamatan Martapura Barat ada 5 desa yang jadi fokus intervensi, salah satunya Desa Sungai Batang Ilir walaupun pun Desa Keliling Benteng Tengah tidak termasuk dalam SK Bupati tetapi tetap melaksanakan kegiatan rembuk stunting.Pada kegiatan Rembuk Stunting dilaksanakan di kedua desa tersebut, Camat Martapura Barat H. Ahmad Rabani, A.KS., M.Si menyampaikan bahwa Kecamatan Martapura Barat termasuk urutan 6 kecamatan yang terbesar sasaran penurunan angka stunting, dan rembuk stunting suatu langkah penting yang harus dilakukan oleh desa untuk memastikan pelaksanaan rencana kegiatan intervensi pencegahan dan penurunan stunting melalui kerjasama antara pemerintah desa, bidan desa, kader pemberdayaan masyarakat, posyandu, PKK, PAUD dan unsur lainnya.
Selain itu diharapkan ada evaluasi kegiatan yang telah dilaksanakan pada tahun ini untuk perbaikan tahun depan.
Pada kesempatan itu tenaga ahli kabupaten menyampaikan agar rembuk stunting ini membuat usulan atau rencana untuk tahun akan datang sesuai kebutuhan penanganan stunting oleh unsur unsur pelaksana kegiatan di desa masing masing.
Selain penyampaian materi di TA Kabupaten dan PD Kecamatan dilakukan diskusi untuk mengetahui permasalahan – permasalahan yang di hadapi desa dalam pencegahan dan penanganan stunting dan di carikan solusinya
Kegiatan rembuk stunting yang di laksanakan dan di hadiri oleh Camat Martapura Barat, Kasi Kessos, Kasi PM, TA Kabupaten, PD kecamatan, PLD, Bidan, Ketua Tim Penggerak PKK Desa, KPM, Guru – guru PAUD, BPD, dan tokoh – tokoh Masyarakat di kedua desa tersebut.

Bagikan artikel ini:
Komentar