You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.

Sistem Informasi Desa Sei Batang Ilir

Kec. Martapura Barat, Kab. Banjar, Prov. Kalimantan Selatan

Kasdim 0402/OKI Tinjau Lokasi Penanaman Pohon Mangrove di Desa Sungai Batang


Kasdim 0402/OKI Tinjau Lokasi Penanaman Pohon Mangrove di Desa Sungai Batang

OGAN KOMERING ILIR, BERITAANDA – Komandan Kodim 0402/OKI yang diwakili Kepala Staf Kodim 0402/OKI Mayor Czi Saipul Anwar meninjau lokasi penanaman pohon mangrove di Desa Sungai Batang Kecamatan Air Sugihan Kabupaten OKI, Jumat (3/3/2023).

Kasdim 0402/OKI menjelaskan bahwa hutan mangrove merupakan sumber untuk menjaga ekosistem perairan antara laut, pantai, dan darat. Penanaman pohon mangrove ini bertujuan untuk penghijauan dan pencegahan abrasi pantai.

“Selain itu, manfaat hutan mangrove ini dapat membantu manusia dalam mendapatkan iklim dan cuaca yang paling nyaman guna mencegah terjadinya bencana alam,” kata Kasdim.

Menurut dia, lokasi tanam mangrove tersebut termasuk salah satu wilayah darurat abrasi dan pemetaannya melibatkan pihak dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK).

“Sengaja kita pilih lokasi itu, setelah dibandingkan dengan kawasan lain, daerah itu paling darurat abrasi. Bahkan warga sekitar mengatakan keberadaan rawa semakin bergeser,” tegas dia.

Ia menambahkan, dalam agenda tanggal 15 Maret 2023 mendatang akan dipimpin langsung oleh Panglima TNI Laksamana Yudo Margono yang berlangsung secara virtual se-tanah air. Direncanakan nantinya akan menanam sebanyak 1.900 bibit mangrove di kawasan rawa dalam upaya mencegah abrasi pantai daerah itu.

“Penanamannya akan bermitra dengan PT. OKI Pulp and Paper Mills serta kelompok masyarakat setempat, dikarenakan perusahaan itu sudah terbukti dan sukses menanam mangrove seluas 67 hektare yang saat ini berusia tanam 3 tahun,” jelas dia.

Hadir dalam kegiatan peninjauan lokasi itu antara lain Danramil 402-14/Air Sugihan Kapten Inf. Priyanto, Pasiops Kodim 0402/OKI Kapten Inf. Ade Webysana, Dinas Kehutanan Provinsi Sumsel Sigit, manajemen PT. OKI Pulp and Paper Mills Gadang, kelompok pembibitan mangrove desa setempat serta anggota Babinsa Air Sugihan. (Iwan)

Bagikan artikel ini:
Komentar