You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.

Sistem Informasi Desa Sei Batang Ilir

Kec. Martapura Barat, Kab. Banjar, Prov. Kalimantan Selatan

Martapura Barat Akan Menjadi Lumbung Padi Kabupaten Banjar


KODAM VI/MULAWARMAN (5/9),-  Suksesnya Desa Sungai Batang Ilir dan Sungai Batang dalam tanam padi di lokasi cetak sawah kelompok Tani Bauntung dan Batuah beberapa waktu lalu di Kec. Martapura Barat, di ikuti oleh desa lainnya yaitu kelompok Tani Karya Bersama desa Sungai Rangas Hambuku kembali melaksanakan tanam padi Varitas Ciherang dengan luas tanam 54,4 hektar. Rabu (31/8).

Pemerintah Kab. Banjar sendiri bersama dengan Kodim 1006/Martapura melalui gerakan Tanam Padi Perdana dilokasi cetak sawah desa Sungai Rangas merupakan langkah awal kembali bagi Kabupaten  Banjar untuk menjadi lumbung padi di Kabupaten Banjar.

Dilahan percetakan sawah Kabupaten Banjar, dari target luasan 141,5 Ha, yang sudah ditanami kurang lebih 100 ha, Luasan ini akan bertambah terus seiring dengan selesainya land clearing dan pekerjaan lainnya, ungkap Dandim. Lebih lanjut beliau juga menyampaikan agar petani yang mendapat kegiatan cetak sawah ini bersyukur, karena selain lahan yang dulunya semak, belukar, sekarang sudah terbuka, siap untuk ditanami padi, sehingga  dapat mewujudkan harapan pemerintah dalam hal meningkatkan produksi dan produktivitas dalam menuju swasembada pangan.

Kita juga patut apresiasi kepada kecamatan martapura barat, bahwa yang mana dalam satu tahun ini sudah mampu memberikan pelayanan terbaik kontribusi padi kepada pemerintah, apalagi nantinya jika ditambah dengan adanya tanam padi perdana ini hingga panen akan mampu dapat menambah menghasilkan nilai surplus padi yang cukup bagi Pamerintah Daerah dan masyarakatnya ungkapnya.

Disela sela diskusi, Kepala Dinas Pertanian perkebunan dan peternakan kab Banjar Ir.H. Dondit Bekti .A yang disampaikan oleh Kepala bidang prasarana dan sarana pertanian kab Banjar yang akrab disapa Rosa menghimbau kepada petani yang mendapat kegiatan ini agar dapat segera menanami padi pada lahan yang sudah siap ditanami dan nantinya dapat memelihara lahan tersebut sehingga setiap tahunnya lahan yang telah dibuka dapat ditanami sepanjang tahun.

Hadir dalam acara tersebut Kepala BP3K Bapak Nuhdi, Kasubid Prasarana dan sarana bapak Mauladi, Pasiter Martapura Kapten lnf Ramlan, Para Badan Penyuluh, Manteri Tani, Kelompok Tani Karya Bersama serta anggota Kodim 1006/Martapura dan tokohMasyarakat.

 

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
Bagikan artikel ini:
Komentar